Baca! Ciri Penerbit Buku Palsu - Blog Penerbit Anlitera :: Jagonya Cetak Buku Murah Book Paper

Baca! Ciri Penerbit Buku Palsu

INDIE Oleh: Luqman Abdurrahman Shaleh . Fenomena maraknya penipuan dalam event yang diselenggarakan oleh Penerbit Indie membuat resah tem...

INDIE
Oleh: Luqman Abdurrahman Shaleh
.
Fenomena maraknya penipuan dalam event yang diselenggarakan oleh Penerbit Indie membuat resah teman-teman penulis, terutama bagi pemula. Bagaimana tidak, sudah kirim karya, beli buku, tapi setelah ditunggu-tunggu eh nggak ada kabar lagi. Nah, kali ini ada beberapa tips yang bisa dijadiin barometer mengukur kualitas Penerbit Indie.
.
Pertama, keberadaan website domain. Kalo ada penerbit masih pakai blogspot/wordpress mending pikir-pikir dulu untuk mengirimkan karyamu. Sebab, domain tersebut masih menggunakan hosting GRATIS, dan kebanyakan yang FREE biasanya abal-abal. Pastikan pilih Penerbit yang memakai domain resmi pemerintah, seperti penerbitkpg.id erlangga.co.id dan anlitera.co.id tentunya. Sebab website berakhiran .id mereka punya dasar hukum kuat.
.
Kedua, tampilan cover buku. Penerbit Indie profesional akan menomorsatukan kualitas buku demi kepuasan penulisnya. Penulis dimanjakan dengan desain cover ciamik, simple, dan enak dipandang. Pilihan Penerbit Indie terbaik dengan desain ciamik menurut saya ada di Leutika Prio (cek di google). Pastikan buku pertama terbitanmu punya desain sampul keren, rugi banget kalo nggak.
.
Ketiga, lihat berapa event yang diselenggarakan. Keberhasilan Penerbit Indie dalam dunia literasi bisa dilihat dari event yang dibuat. Banyaknya event membuktikan bahwa banyak pula penulis yang support dan berpatisipasi di dalamnya. Penerbit Indie (gagal) tak akan lagi membuat event berkelanjutan sebab animo penulis sedikit atau bahkan tidak respect.
.
Itulah tiga aspek cara mengukur kualitas Penerbit Indie. Untuk teman-teman penulis pemula, pastikan jangan pernah kena tipu. Coba untuk bertanya kepada teman atau akun yang sudah memakai jasa penerbitannya. Cek juga seberapa update sebuah Penerbit Indie menerbitkan buku. Jika dalam jangka waktu 2-3 bulan nggak ada buku baru, mending simpen dulu naskahnya atau kirimkan ke Penerbit Indie yang pasti-pasti aja. Semangat berkarya!
Disqus

Our Partners

Selama lima tahun, kami sudah bekerjasama dengan berbagai instansi, komunitas, maupun lembaga. Kepercayaan mereka adalah prioritas bagi kami.

  • Professionally Book Publisher
  • Melayani dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada customer.
  • Proses pengerjaan naskah yang cepat tanpa menunggu lama.
  • Pengiriman tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.