Catat! Bukti Kegagalan Demokrasi - Blog Penerbit Anlitera :: Jagonya Cetak Buku Murah Book Paper

Catat! Bukti Kegagalan Demokrasi

PEMENANG TANPA LAWAN Oleh: Luqman Abdurrahman Shaleh . Tahun 2018, beberapa daerah menggelar pemilihan kepala daerah. Bagi siapa pun yang...

PEMENANG TANPA LAWAN
Oleh: Luqman Abdurrahman Shaleh
.
Tahun 2018, beberapa daerah menggelar pemilihan kepala daerah. Bagi siapa pun yang berumur 17 tahun ke atas maka diperbolehkan untuk memilih siapa pemimpin daerahnya. Kampanye-kampanye mulai disemarakkan, slogan dan simbol pun diperkenalkan, tak jarang juga melempar janji-janji jabatan lima tahun ke depan.
.
Yang menjadi miris ialah ketika pemilihan kepala daerah diambil dari hasil aturan yang kurang mencerminkan kedemokrasian Indonesia itu sendiri. Bagaimana tidak, ada calon tunggal di suatu daerah menandakan ketidaknyamanan dalam kehidupan berbangsa bernegara. Calon petahana tentu punya aura kuat mempertahankan jabatan pemerintahan dan itu terlihat dari kinerja serta beberapa prospek yang telah dilaksanakan selama masa menjabat.
.
Meski demikian, bila telah memasuki masa pilkada dan hanya terdapat calon tunggal, mengapa masih dipaksakan untuk diadakan pungutan suara? Mungkin hampir satu ton kertas atau malah lebih, bisa digunakan pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak terutama jalan raya.
.
Pemaksaan pilkada dengan calon tunggal tentu menodai semangat demokrasi di tanah air. Jika pun tidak ada yang mendaftarkan diri mengikuti kontesasi pilkada, itu tidak masalah. Yang jadi masalah adalah ketika rakyat diminta untuk memilih lembaran kertas berisi photo manusia dan photo kosong. Tanpa adanya pengutan suara pun orang cerdas pasti memilih photo yang berisi wajah/tampang manusia karena yang memilih adalah manusia bukan hantu.
.
Untung saja, di daerah saya tidak demikian. Calon-calon kepala daerah berkompetisi secara arif, santun, dan tidak menjatuhkan satu sama lain. Bahkan semua partai menggunakan kesempatan secara maksimal dalam pilkada tahun ini. Karena ada empat bakal calon walikota beserta wakilnya yang mampu unjuk gigi dan tampil di masyarakat dengan ciri khasnya masing-masing.
Disqus

Our Partners

Selama lima tahun, kami sudah bekerjasama dengan berbagai instansi, komunitas, maupun lembaga. Kepercayaan mereka adalah prioritas bagi kami.

  • Professionally Book Publisher
  • Melayani dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada customer.
  • Proses pengerjaan naskah yang cepat tanpa menunggu lama.
  • Pengiriman tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.