Hati-hati Dalam Berkawan - Blog Penerbit Anlitera :: Jagonya Cetak Buku Murah Book Paper

Hati-hati Dalam Berkawan

BERKAWAN Oleh : Luqman Abdurrahman Shaleh . Sobat, sebaik apa pun kawanmu dia tetaplah manusia biasa. Bukanlah seorang utusan Allah de...

BERKAWAN
Oleh : Luqman Abdurrahman Shaleh
.
Sobat, sebaik apa pun kawanmu dia tetaplah manusia biasa. Bukanlah seorang utusan Allah dengan kesempurnaan akhlak dan keteguhan iman. Maka, sebaik-baiknya mereka tetaplah terus merasa waspada dan berpikir memakai logika serta akal sehat.
.
Pada saat berteman, kerap sekali kita menceritakan "kekurangan" diri kita sendiri. Padahal, kita tidak tahu apakah kelak mereka senantiasa bersama kita atau justru berteman dengan seseorang yang kita benci terhadapnya. Sehingga timbulah rasa curiga, was-was, dan prasangka buruk lainnya.
.
Salah satu contoh. Pada saat bersama kelompok teman kuliah dan menetap di satu rumah, kamu akrab dengan seseorang diantara mereka. Bahkan diantara yang lain, dialah yang paling baik dan memperhatikanmu.
.
Hingga pada suatu ketika barang milikmu hilang. Rasa curiga tak pernah kau tautkan pada orang yang kamu anggap sahabat. Kamu justru berprasangka pada mereka yang bersikap biasa-biasa saja terhadapmu. "Ohh, ini pasti si fulan", "Ohh, ini pasti si fulan". Dan ketika si fulan ditanya sedangkan si fulan mengetahui bahwa pelakunya adalah sahabatmu sendiri, kamu anggap itu adalah sebuah fitnah, karena menurut prasangkamu kau anggap suatu hal yang mustahil.
.
Ya. Tidak ada teman yang abadi. Satu-satunya yang bisa kita percaya ialah Tuhan Yang Maha Esa. Tiada selain Dia. Sebab, Dia lah yang mampu mengatur situasi, mengendalikan keadaan, bahkan membantu saat kita berada dalam kesusahan. Jadi, hati-hatilah dalam berkawan. Sebab, kawan kita adalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.
Disqus

Our Partners

Selama lima tahun, kami sudah bekerjasama dengan berbagai instansi, komunitas, maupun lembaga. Kepercayaan mereka adalah prioritas bagi kami.

  • Professionally Book Publisher
  • Melayani dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada customer.
  • Proses pengerjaan naskah yang cepat tanpa menunggu lama.
  • Pengiriman tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.