Hati-hati Terhadap Uang Kembalian - Blog Penerbit Anlitera :: Jagonya Cetak Buku Murah Book Paper

Hati-hati Terhadap Uang Kembalian

KEMBALIAN Oleh : Luqman Abdurrahman Shaleh . Selepas latihan voli, saya mengajak adik untuk membeli jus buah. Karena si adik senang mi...

KEMBALIAN
Oleh : Luqman Abdurrahman Shaleh
.
Selepas latihan voli, saya mengajak adik untuk membeli jus buah. Karena si adik senang minum jus alpukat. Langganan sudah lama karena selain porsinya jumbo, kental, harganya juga relatif murah.
.
Hingga di TKP, ternyata penjualnya berbeda, tidak seperti biasanya. Laki-laki berperawakan tinggi besar dan raut wajahnya tak sedikit pun melepaskan senyum kepada pelanggan. Dan saya pun memesan jus alpukat seperti biasanya.
.
Keadaan ramai, dan memang seperti biasanya harus menunggu beberapa menit karena antri dengan konsumen yang lain. Tapi ada keanehan yang saya dengar, yaitu setiap konsumen membayar, saya mendengar "kembaliannya usus ya". Pikir saya, ohh mungkin tidak ada kembalian. Begitu kagetnya, hingga 3-4 orang saya melihat konsumen disuruh ambil "gorengan usus" untuk kembaliannya. Disitu saya sudah melihat kejanggalan.
.
Akhirnya tibalah saya untuk membayar pesanan jus alpukat. Dan saya langsung tersentak ketika kata-kata yang dilontarkan kepada konsumen sebelumnya juga dilemparkan ke saya. Saya langsung bilang "Nggak mau. Saya ingin kembalian uang". Penjual ini berkata "Nggak ada kembaliannya mas". Dengan nada agak tinggi saya pun membalas "Coba saya lihat loker uangnya". Dan saat melihat, disitu banyak uang 2000an dan 1000an. Artinya, kembalian sebenarnya ada. Hanya saja nih mas-mas berbohong agar jualan "usus goreng"nya laku.
.
Sebenarnya ini bukan hal biasa, tapi memang sudah sering kita lihat. Kadang kita menerima kembalian "kerupuk", atau "gorengan", atau yang biasa kita alami ialah kembalian "permen". Perkara kembalian ini bukan perkara remeh. Sebagai pihak penjual, bagaimana pun caranya yang namanya kembalian ya harus berupa uang. Bukan bentuk yang lain.
Disqus

Our Partners

Selama lima tahun, kami sudah bekerjasama dengan berbagai instansi, komunitas, maupun lembaga. Kepercayaan mereka adalah prioritas bagi kami.

  • Professionally Book Publisher
  • Melayani dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada customer.
  • Proses pengerjaan naskah yang cepat tanpa menunggu lama.
  • Pengiriman tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.