Hindari Orang Seperti Ini di Komunitasmu - Blog Penerbit Anlitera :: Jagonya Cetak Buku Murah Book Paper

Hindari Orang Seperti Ini di Komunitasmu

YANG PASTI-PASTI AJA Oleh: Luqman Abdurrahman Shaleh . Komunitas memiliki andil besar dalam perkembangan suatu bangsa. Melalui gerakan, a...

YANG PASTI-PASTI AJA
Oleh: Luqman Abdurrahman Shaleh
.
Komunitas memiliki andil besar dalam perkembangan suatu bangsa. Melalui gerakan, agenda, dan acara yang dilakukan memberikan manfaat bukan hanya bagi anggotanya saja melainkan masyarakat sekitar. Melanjutkan postingan sebelumnya, berikut penyebab suatu komunitas pecah dan hilang entah kemana.
.
Kelima, ketiadaan anggaran. Saat diminta untuk iuran sama rata pasti ada yang keberatan mulai dari alasan A sampai Z. Uang memang bukan segalanya tapi segalanya butuh uang. Ada penyumbang dengan jumlah dana terbanyak tapi yang diekspos justru mereka dengan jumlah sumbangan sedikit atau bahkan tidak memberikan sumbangan sama sekali.
.
Penyebab ini sangat vital dan sering jadi "biang kerok". Seharusnya budaya dan kultur asli Indonesia selalu dijunjung tinggi dalam hal ini. Kita punya budaya gotong royong dimana semua wajib berkonstribusi dan tak disamaratakan. Misalnya, ada yang ingin menyumbang dengan uang, ada yang ingin dengan tenaga, ada yang langsung menyumbang peralatan, dll. Ini lebih efektif lantaran bentuk sumbangan adalah apa yang mereka miliki.
.
Keenam, selepas puncak kejayaan. Ketika sudah berada di puncak kejayaan suatu komunitas, misal sudah masuk koran, masuk televisi, diundang siaran radio, pokoknya terkenal banget deh dimana-mana, akhirnya terlena dan tak melanjutkan agendanya lagi.
.
Keberhasilan yang diraih dianggap sudah final dan menganggap tak perlu dilanjutkan lagi. "Untuk apa dilanjutkan toh kita nggak dapat apa-apa" atau "Untuk apa dilanjutkan toh kita udah dapat semuanya". Begitulah pikiran yang muncul dalam benak anggota komunitas.
.
Maka, sering kita melihat komunitas eksis sekitar 2-3 tahun saja. Setelah itu hilang entah kemana. Mereka yang bertahan dan selalu ada tentu punya manajemen yang baik mulai dari kepastian hukum, struktur organisasi, hingga penanggungjawab serta pendanaan memadai. Buat temen-temen yang ingin bergabung dikomunitas, bergabunglah dengan yang pasti-pasti aja ya.
Disqus

Our Partners

Selama lima tahun, kami sudah bekerjasama dengan berbagai instansi, komunitas, maupun lembaga. Kepercayaan mereka adalah prioritas bagi kami.

  • Professionally Book Publisher
  • Melayani dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada customer.
  • Proses pengerjaan naskah yang cepat tanpa menunggu lama.
  • Pengiriman tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.