Kebiasaan Buruk : Menunda Pekerjaan! - Blog Penerbit Anlitera :: Jagonya Cetak Buku Murah Book Paper

Kebiasaan Buruk : Menunda Pekerjaan!

JADWAL Oleh : Luqman Abdurrahman Shaleh . Entah kenapa tiba-tiba ingat kebiasaan saat masih duduk di bangku sekolah dasar dulu. Mengawali...

JADWAL
Oleh : Luqman Abdurrahman Shaleh
.
Entah kenapa tiba-tiba ingat kebiasaan saat masih duduk di bangku sekolah dasar dulu. Mengawali kelas 3 SD, saya hidup penuh dengan jadwal. Jadwal yang jika dipikir-pikir saat ini sepertinya sangat membosankan. Bagaimana tidak, bangun tidur hingga tidur lagi semuanya penuh dengan jadwal.
.
Beralih dari satu kegiatan ke kegiatan selanjutnya tidak boleh telat apalagi lebih. Misalnya pukul 05.45 sudah berangkat ke sekolah. Jam segitu bukan terlalu pagi, karena masih menjemput teman lainnya. Naik sepeda, gowes, dan waktu itu belum ada "operan"nya, jadi lumayan alot saat memancal.
.
Pulang sekolah, rutin untuk tidur siang. Bangun-bangun pukul 14.30 atau mendekati waktu ashar. Selepas ashar langsung olahraga, latihan bola voli, lari atau sekedar bermain bola, gobak sodor, singitan, dll. hingga pukul 16.30. Pulang dan mandi. 17.00 Persiapan kemasjid dan waktu antara maghrib-isya digunakan untuk mengaji.
.
Belajar hingga pukul 20.00, di lain hari juga ikut les bahasa inggris atau lainnya. Setelah itu 30 menit sebelum pukul 9 malam digunakan untuk mengerjakan PR, kalo nggak ada PR ya mengisi soal-soal yang ada di buku atau LKS. Pukul 9 malam pas langsung ambil wudhu lalu tidur.
.
Jadwal seperti itu saya tulis di pintu kamar. Selalu ditepati dan tak pernah ingkar waktu. Entah apa yang ada dipikiran saya saat itu, apakah terlalu polos atau bagaimana. Yang pasti, dari hal kecil itu saya tahu makna disiplin dalam waktu dan hal lainnya. Boleh kita bersantai ria dan mengulur lalu mengerjakannya mepet deadline. Tapi, sering kali saat-saat itu pasti ada hal yang lebih penting untuk dikerjakan. Sehingga tugas pun tak kunjung selesai. Begitu pula dengan "menulis".
Disqus

Our Partners

Selama lima tahun, kami sudah bekerjasama dengan berbagai instansi, komunitas, maupun lembaga. Kepercayaan mereka adalah prioritas bagi kami.

  • Professionally Book Publisher
  • Melayani dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada customer.
  • Proses pengerjaan naskah yang cepat tanpa menunggu lama.
  • Pengiriman tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.