Kenapa Kita Mudah Plin-plan? - Blog Penerbit Anlitera :: Jagonya Cetak Buku Murah Book Paper

Kenapa Kita Mudah Plin-plan?

ABU-ABU Oleh: Luqman Abdurrahman Shaleh . Ketika duduk pada suatu permasalahan, terkadang kita memandang bahwa mereka yang berada di teng...

ABU-ABU
Oleh: Luqman Abdurrahman Shaleh
.
Ketika duduk pada suatu permasalahan, terkadang kita memandang bahwa mereka yang berada di tengah ialah berposisi sangat bijaksana, karena tidak memihak siapa pun dan dilihatnya sama-sama benar atau sama-sama salah. Apakah demikian?
.
Mindset kita berpacu bahwa mereka yang duduk di tengah adalah adil dan bijak. Tidak memandang kanan atau kiri, atas atau bawah, vertikal maupun horizontal, depan atau belakang, bahkan besar atau kecil. Orang bijak berada di titik "atau" tersebut alias tengah.
.
Berada di tengah bukan berarti pas ditengah alias simetris. Sebab jika demikian bukan adil namanya melainkan abu-abu alias nggak jelas (anak muda bilang GeJe). Salah satu contoh, ketika ada calon pemimpin mengatakan "kami tidak berpihak kepada siapa pun", beberapa orang atau lebih banyak berpandangan itu bijaksana alias adil. Benarkah?
.
Dalam Islam, kita diajarkan untuk "amar ma'ruf nahi munkar", disini menandakan bahwa kebaikan yang plus-plus lebih dikedepankan dari pada sekedar kebaikan. Amar ma'ruf ialah menyuarakan kebaikan dan nahi munkar adalah menghalangi perbuatan yang buruk (ada resiko, bisa-bisa justru ikut terjerumus karena masuk untuk menghalangi).
.
Menjadi seorang pemimpin (minimal diri sendiri), tidak bisa bersikap abu-abu dan menganggap semuanya sama saja. Karena sejatinya berada di tengah adalah posisi paling buruk. Tidak memiliki dasar kuat, dan mudah terombang-ambing, ke kanan dan ke kiri.
.
Jadi, saat ada calon pemimpin mengatakan "Kita tidak berpihak pada siapa pun", berarti dia termasuk abu-abu. Pilihlah yang berpihak pada kebenaran, yang haq, dan tidak berpihak pada kebohongan, yang bathil.
Disqus

Our Partners

Selama lima tahun, kami sudah bekerjasama dengan berbagai instansi, komunitas, maupun lembaga. Kepercayaan mereka adalah prioritas bagi kami.

  • Professionally Book Publisher
  • Melayani dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada customer.
  • Proses pengerjaan naskah yang cepat tanpa menunggu lama.
  • Pengiriman tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.