Masihkah Harus Percaya Media? - Blog Penerbit Anlitera :: Jagonya Cetak Buku Murah Book Paper

Masihkah Harus Percaya Media?

MEDIA Oleh: Luqman Abdurrahman Shaleh . Semua publik sepak bola pasti tahu bahwa perseteruan Aremania dan Bonek selalu menjadi senter sep...

MEDIA
Oleh: Luqman Abdurrahman Shaleh
.
Semua publik sepak bola pasti tahu bahwa perseteruan Aremania dan Bonek selalu menjadi senter sepanjang tahun. Ketika klub berjuluk Singo Edan bertandang ke markas Bajul Ijo, akan ada pembatasan bahkan tidak ada penonton sama sekali dari kubu lawan. Begitu pun sebaliknya. Memangnya apa yang sebenarnya terjadi?
.
Usut punya usut, dilihat dari segi sejarah nenek moyang (sejak zaman kerajaan), tidak ada perseteruan antara Arek Suroboyo dan Arek Malang. Semua lapisan masyarakat hidup rukun berdampingan, dimana kedua kota ini merupakan kota besar di Jawa Timur. Jarak kedua kota juga cukup dekat, yaitu 70 km.
.
Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab perseteruan dua suporter fanatik di Indonesia ini? Tidak ada alasan yang valid. Beberapa spekulasi bermunculan lantaran ketika ada konser di Tambaksari, ada juga lantaran pernyataan sinis pemain kedua belah pihak saat itu. Padahal adalah suatu hal yang wajar terjadi, dan lumrah dilakukan dibanyak pertandingan; sebagai pemanas tensi pertandingan.
.
Tahun 90-an adalah awal mulanya. Tidak ada tensi berlebihan saat kedua klub bertanding. Bahkan Aremania dan Bonek beradu kreativitas, saling menggandeng, merangkul, dan duduk berdampingan mendukung klubnya masing-masing.
.
Hingga pada akhirnya munculah peran media untuk memblowup pertandingan kedua klub ini. Media di malang meletakkan headline 'sinis' kepada Bonek, dan begitu pun sebaliknya. Rivalitas yang sebenarnya hanya terjadi selama 90menit, meluas hingga ke kehidupan masyarakat.
.
Bertahun-tahun media memberi sorotan. Perkataan yang sekiranya bisa menimbulkan emosi meledak-ledak diteballuaskan di halaman depan media. Dan ... yes, berhasil! Media telah terbukti ampuh menggiring pola pikir dan opini masyarakat kepada perseteruan antara Aremania dan Bonek. Dan entah kapan berakhir.
Disqus

Our Partners

Selama lima tahun, kami sudah bekerjasama dengan berbagai instansi, komunitas, maupun lembaga. Kepercayaan mereka adalah prioritas bagi kami.

  • Professionally Book Publisher
  • Melayani dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada customer.
  • Proses pengerjaan naskah yang cepat tanpa menunggu lama.
  • Pengiriman tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.