Merindukan Operasi Petrus - Blog Penerbit Anlitera :: Jagonya Cetak Buku Murah Book Paper

Merindukan Operasi Petrus

PETRUS Oleh : Luqman Abdurrahman Shaleh . Maraknya aksi begal, berujung pembacokan di kawasan Pantura daerah Tapal Kuda sangat meresahkan...

PETRUS
Oleh : Luqman Abdurrahman Shaleh
.
Maraknya aksi begal, berujung pembacokan di kawasan Pantura daerah Tapal Kuda sangat meresahkan masyarakat. Sayangnya, aksi ini bukan hanya terjadi di malam hari melainkan tak lagi mengenal waktu. Bahkan dalam keadaan ramai pun tidak menjadi masalah.
.
Sebelum tahun 80-an, masyarakat diresahkan dengan aksi kelompok preman yang dijuluki Gali (Gabungan Anak Liar). Kelompok ini bukan hanya melakukan perampokan, melainkan juga pembunuhan, pemerkosaan, dan masyarakat pada saat itu benar-benar dalam keadaan ketakutan sejadi-jadinya. Bagaimana tidak, Gali tidak hanya di satu daerah saja melainkan hampir seluruh wilayah Jawa.
.
Akhirnya, Soeharto mengambil tindakan tanpa ada siaran di media. Setiap malam, selalu saja ada mayat bergelimpangan di jalan dan ini terjadi selama lima tahun. Selepas itu Indonesia benar-benar dalam keadaan aman, bahkan jika pun berjalan tengah malam di jalan tak ada yang berani berbuat jahat.
.
Selama lima tahun, terhitung 10.000 mayat preman Gali berceceran di jalan. Dan tindakan Petrus (Penembak Misterius) oleh HAM divonis sebagai pelanggaran humanis paling berat di dunia saat itu.
.
Dan apa yang saya rasakan sekarang ini sepertinya sama. Masyrakat resah, khawatir dan dihantui ketika berkendara. Berpikir lebih baik punya motor jelek dari pada nyawa melayang. Terbaru, di daerah saya (Probolinggo) terjadi pembegalan hingga dibacok. Tiga motor dikepung oleh sepuluh motor ke daerah sepi-kuburan (orang sini menyebutnya ungup-ungup). Kapan ini akan berakhir? Sepertinya Petrus memang benar-benar perlu!
Disqus

Our Partners

Selama lima tahun, kami sudah bekerjasama dengan berbagai instansi, komunitas, maupun lembaga. Kepercayaan mereka adalah prioritas bagi kami.

  • Professionally Book Publisher
  • Melayani dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada customer.
  • Proses pengerjaan naskah yang cepat tanpa menunggu lama.
  • Pengiriman tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.