Mulai Berbisnis? Perhatikan Hal Ini! - Blog Penerbit Anlitera :: Jagonya Cetak Buku Murah Book Paper

Mulai Berbisnis? Perhatikan Hal Ini!

BISNIS Oleh : Luqman Abdurrahman Shaleh . "Dalam bisnis, tidak ada istilah teman/sahabat/saudara, dll." Nasehat yang sangat sim...

BISNIS
Oleh : Luqman Abdurrahman Shaleh
.
"Dalam bisnis, tidak ada istilah teman/sahabat/saudara, dll." Nasehat yang sangat simple dan mudah untuk dicerna dan dipahami. Namun terkadang kita sulit untuk mengaplikasikannya dalam praktek bisnis.
.
Salah satu contoh misalnya, dirimu memiliki usaha sebagai counter berbagai macam pembayaran, mulai dari listrik, pulsa, telepon, internet, dll. Nah, pada awal membuat usaha tentu akan berpikiran bahwa "enaknya di tawarin ke temen-temen deket dulu deh. pasti mau". Pikiran seperti ini pasti terbayang untuk yang mengawali di dunia usaha.
.
Pada awalnya, persepsi itu bener banget. Alhamdulillah kamu dimintai tolong untuk melakukan transaksi pembayaran listrik, pulsa, pdam, dll. Dan semuanya berjalan normal. Uang ada, transaksi baru dimulai. Tapi lama kelamaan ada yang "nitip" dibayarin dulu, nanti uangnya belakangan aja. Dan ini terjadi berulang kali. Bahkan pembayarannya pun baru dilunasi di bulan ketiga.
.
Rasa nggak enak ke temen/sahabat, dll yang membuat kita ogah untuk meminta hak kita sebagai penyedia jasa/barang. Akhirnya, yang awalnya pikiran harmonis, saling tegur sapa, berubah menjadi sikap sinis, penuh curiga, lantaran tak segera membayar tanggungan atau hutang yang ada di kita.
.
Nggak heran juga kalo ada temen saya yang bilang, "bisnis ya bisnis, nggak usah pake ngrasa nggak enakan karena teman/sahabat/ yang lainnya". Jadi ini pelajaran yang sangat penting manakala dulu memandang dunia bisnis sebelah mata, mengeluarkan banyak modal, sedangkan yang meraih keuntungan bukan diri sendiri.
Disqus

Our Partners

Selama lima tahun, kami sudah bekerjasama dengan berbagai instansi, komunitas, maupun lembaga. Kepercayaan mereka adalah prioritas bagi kami.

  • Professionally Book Publisher
  • Melayani dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada customer.
  • Proses pengerjaan naskah yang cepat tanpa menunggu lama.
  • Pengiriman tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.