Perlukah Public Speaking? - Blog Penerbit Anlitera :: Jagonya Cetak Buku Murah Book Paper

Perlukah Public Speaking?

SEKARANG-NANTI Oleh : Luqman Abdurrahman Shaleh . Ada sebuah paradoks dari temen-temen mengenai situasi-keadaan seseorang apakah ia diaku...

SEKARANG-NANTI
Oleh : Luqman Abdurrahman Shaleh
.
Ada sebuah paradoks dari temen-temen mengenai situasi-keadaan seseorang apakah ia diakui oleh orang sekitar atau tidak. Ini timbul lantaran ada dua (pula) situasi-keadaan pada orang tersebut atau lebih tepatnya menggunakan lisannya dan menggunakan tangannya.
.
Para penyair berujar bahwa menulislah kamu, maka namamu akan abadi selamanya. Tentu tidak dapat dipungkiri, kita mengenal Bang Ananta Toer oleh sebab tulisannya, kita mengenal Rabi'ah al-Adawiyah pun juga karena tulisannya. Andai mereka tak menulis, tak mungkin kita mengenalnya.
.
Di era modern ini, segala bidang pekerjaan dituntut untuk bisa mengetrapkan public speaking. Penguasaan berbicara di depan publik. Salah satu kelebihannya yaitu akan mudah orang lain mengenal, karena mampu tampil apik dan energik di tengah para khalayak.
.
Dari dua hal diatas, tentu akan ada perbedaan. Dimana seorang pembicara bisa jadi terkenal di era sekarang, masyarakat mudah mengetahui, namun akan sirna seiring berjalannya waktu lantaran tak memiliki karya.
.
Sebaliknya, bisa jadi seorang penulis akan sangat sulit tampil di depan publik, karena ia lebih sering berinteraksi dengan canvas dan pena namun kelak orang lain mudah mengenalnya melalui karya-karya yang dibuatnya.
.
Ini bukan tentang pilihan, tapi keduanya memang harus dipegang dan jadi pegangan baik seorang pembicara maupun penulis. Sekarang-nanti, tetap diakui.
Disqus

Our Partners

Selama lima tahun, kami sudah bekerjasama dengan berbagai instansi, komunitas, maupun lembaga. Kepercayaan mereka adalah prioritas bagi kami.

  • Professionally Book Publisher
  • Melayani dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada customer.
  • Proses pengerjaan naskah yang cepat tanpa menunggu lama.
  • Pengiriman tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.