Tiga Hal Penting Bagi Pemuda - Blog Penerbit Anlitera :: Jagonya Cetak Buku Murah Book Paper

Tiga Hal Penting Bagi Pemuda

TIGA Oleh : Luqman Abdurrahman Shaleh . Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang tiga hal penting yang harus diperhatikan oleh ...

TIGA
Oleh : Luqman Abdurrahman Shaleh
.
Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang tiga hal penting yang harus diperhatikan oleh para pemuda masa kini.
.
Pertama yaitu memanfaatkan waktu luang. Allah berfirman dalam Quran Surah Al-Ashr: "Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya menta’ati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran."
.
Firman Allah ini seharusnya menjadi filosofi bagi seorang pemuda agar mampu memaksimalkan waktu luang dengan kegiatan positif dan bermanfaat. Saat usia masih muda, ghirah atau semangat sangat tinggi, rasa keingintahuan sangat besar. Hanya saja, apakah hal ini ditujukan untuk memperoleh banyaknya manfaat atau menjadi boomerang yang sifatnya tak baik di masa depan.
.
Kedua adalah melatih nalar dan logika. Di tengah tengahnya informasi palsu di dunia maya masa kini, daya nalar seorang pemuda haruslah diasah lebih tajam lagi. Mana kala cara membandingkan suatu hal haruslah proporsial. Salah satu contoh seperti pernyataan berikut, “Lebih bagus jadi orang baik akhlaknya, tapi tidak sholat; dibandingkan orang yang sholat tapi justru buruk akhlaknya”. Pernyataan ini tentu merupakan bagian dari bisikan musuh-musuh Islam sebagai dalih menduakan Allah. Padahal sebagai seorang Muslim kita harus betul-betul memperhatikan keduanya, yaitu Hablumminallah dan Hablumminannas. Ya baik hubungan dengan Allah, baik juga hubungannya dengan manusia.
.
Ketiga ialah memiliki cita-cita yang tinggi. Seorang pemuda Muslim haruslah memiliki cita-cita yang tinggi sebagai cerminan tujuan hidup. Peran seorang pemuda sebagai khalifah di muka bumi ini, maka peran ini akan menjadi pertanggungjawaban kita, digunakan untuk apa saja hidup ini di masa muda.
.
21 tahun adalah umur seorang Sultan Mahmed II atau yang kita kenal Muhammad Al-Fatih menakhlukkan Konstantinopel. Bayangkan, diumur ke-21 ia mampu menakhlukkan kerajaan yang konon takkan mampu dihancurkan. Apa yang bisa kita ambil dari hal ini?
.
Pada saat memiliki impian besar, cita-cita yang tinggi, kadang orang melihatnya acuh, dan menganggap kita tak mampu mendapatkannya, sebagai seorang pemuda Muslim harus memiliki keyakinan kuat dan kokoh. Selalu memanjatkan doa, sembari berikhtiar secara maksimal dan tentu yakinkan diri bahwa yang menentukan masa depan bukanlah orang lain tapi Allah Subhanahu wa Ta'ala.
Disqus

Our Partners

Selama lima tahun, kami sudah bekerjasama dengan berbagai instansi, komunitas, maupun lembaga. Kepercayaan mereka adalah prioritas bagi kami.

  • Professionally Book Publisher
  • Melayani dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada customer.
  • Proses pengerjaan naskah yang cepat tanpa menunggu lama.
  • Pengiriman tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.