Yang Banyak Alasan, Minggir! - Blog Penerbit Anlitera :: Jagonya Cetak Buku Murah Book Paper

Yang Banyak Alasan, Minggir!

ALASAN Oleh: Luqman Abdurrahman Shaleh . Saat ada KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) dulu, ada pelajaran penting yang saya dapat dari teman say...

ALASAN
Oleh: Luqman Abdurrahman Shaleh
.
Saat ada KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) dulu, ada pelajaran penting yang saya dapat dari teman saya. Dia saat itu menjadi ketua kelompok.
.
Alhamdulillah kegiataan berjalan mulus, meski ada kendala. Kelompok kami juga mendapatkan sumbangan dana cukup besar dari beberapa sponsor. Mengadakan banyak kegiatan, mulai dari pelatihan, lomba, bakti sosial, dll.
.
Dari beberapa kelompok KKM, ada seorang pemandu jika dalam pelaksanaan kegiatannya terdapat kendala. Pemandu ini adalah mahasiswa semester atas, dia diberikan tugas untuk selalu mendampingi kelompok-kelompok KKM agar lancar dalam menjalankan tugasnya.
.
Sesama kelompok tentu ada komunikasi. Kami mendengar kelompok wilayah sana kompak dan greget karena kerjasama dengan pemandunya. Sedangkan hingga pertengahan agenda KKM, pemandu kami tidak datang sama sekali. Sekali pun datang, langsung meminta tanda tangan kepuasan pelayanan.
.
Lho, kok enak banget. Langsung saja ketua saya menolaknya. Bagaimana tidak, mulai awal hingga pertengahan agenda belum ada pendampingan sama sekali. Bahkan komunikasi ke ketua kelompok pun tidak. Dan dia pun beralasan, "banyak tugas kuliah belum selesai, ada kegiatan kampus, organisasi dll.". Mungkin saja biar kelihatan wah, dan jagoan karena menjadi orang sibuk.
.
Tapi, itu alasan konyol dan justru merendahkan diri sendiri. Jika sudah mendaftar sebagai pemandu, tentu haruslah tahu resiko yang dihadapi. Jika tahu ada kesibukan lain, ya jangan jadi pemandu dan memakan "gaji buta" (karena kami tahu pemandu KKM diberi upah cukup besar oleh kampus).
.
Pelajaran paling penting ialah, tidak ada alasan jika sudah berani memilih. Menjadi pekerja sensus, ya harus siap berkeliling dari rumah ke rumah. Menjadi seorang kuli bangunan, ya harus siap panas-panasan meski kulitnya jadi hitam. Menjadi mahasiswa, ya harus siap dengan aktivitas perkuliahan dengan beragam tugas yang diberikan. Dan menjadi pemimpin negeri, ya harus siap dengan banyaknya kritikan yang datang; bukan justru menjebloskannya ke penjara, menginvestigasinya, bahkan mencabut haknya sebagai salah satu rakyat.
Disqus

Our Partners

Selama lima tahun, kami sudah bekerjasama dengan berbagai instansi, komunitas, maupun lembaga. Kepercayaan mereka adalah prioritas bagi kami.

  • Professionally Book Publisher
  • Melayani dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada customer.
  • Proses pengerjaan naskah yang cepat tanpa menunggu lama.
  • Pengiriman tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.