Ubah Pola Hidup Kita dengan Berpuasa - Blog Penerbit Anlitera :: Jagonya Cetak Buku Murah Book Paper

Ubah Pola Hidup Kita dengan Berpuasa

Pada usia sepertimu, tentu sudah memiliki rasa canggung terhadap penampilan diri. Wajar, karena dirimu mulai tumbuh menjadi seorang remaja...
Pada usia sepertimu, tentu sudah memiliki rasa canggung terhadap penampilan diri. Wajar, karena dirimu mulai tumbuh menjadi seorang remaja. Usia remaja merupakan saat dimana kamu sudah mengenal gengsi hingga membuat dirimu pun tidak percaya diri. Salah satu yang menyebabkan ketidakpercayadirian ialah badan yang gemuk atau keliatan tidak langsing.

Tidak jarang banyak produk menawarkan obat-obat supaya memberikan kelangsingan instan terhadap tubuhmu. Iklan pelangsing terpampang di koran, majalah, radio, dan telivisi. Dan dirimu pun terpedaya untuk membelinya, dengan berbagai cara, bahkan hingga menyisihkan uang jajan.

Christina Onassis seorang konglomerat memiliki dokter pribadi. Dokternya ditugaskan khusus untuk mengawasi program diet khusus yang harus diikuti guna mengurangi beberapa kilogram berat tubuhnya. Tentu bisa dibayangkan, bila sudah diawasi artinya keadaan tubuh si pasien jauh dari kata kondisi normal, bukan.

Dalam suatu pers, dokter Christina Onassis memberikan penjelasan tentang kematian pasiennya bahwa sesungguhnya obat yang dikonsumsinya setiap hari memiliki banyak pengaruh hingga menyebabkan kematian. Obat yang memberikan sisi pencegahan rasa lapar ketika mengkonsumsinya memberi dampak negatif bagi kesehatan sang pasien.

Tahukah kamu, Christina Onassis merupakan wanita karier yang memiliki harta berlimpah. Dengan harta yang ia miliki, muncul rasa ingin memiliki segala sesuatu yang diinginkan. Dimasa lalu, membuat tubuhnya gemuk dan pada akhirnya membeli bermacam obat-obatan demi mengembalikan postur tubuhnya seperti semula. Ia membeli obat-obatan yang diinginkannya, tak peduli berapa pun harganya.

Sang dokter pernah memergoki mencoba melakukan upaya bunuh diri ketika lemak mulai memberati tubuhnya, tanpa ada seorang pun yang bisa mencegah dari kebiasaan yang dimauinya. Christina Onassis ialah seorang wanita yang temperamental, mudah gemuk, dan mudah kurus dalam waktu singkat. Ia menjalani kehidupan sehari-hari sesuai dengan keinginan yang dia mau. Menjalani program diet berat hanya berdasarkan insting dan keinginannya. Adakalanya berselera untuk makan, namun ada kalanya pula menolak untuk melakukannya. Ia tak pernah mengkonsumsi jamu herbal, dan hanya obat-obat mengandung banyak racun karena efek cepat dan instan setelah memakainya.

Inilah yang menyebabkan kematian dari seorang Christina Onassis. Korban yang selama hidupnya bergelimpangan harta dan ingin mendapatkan sesuatu sesuka hatinya. Barangkali kematian ini merupakan imbalan setimpal meraih kelangsingan tubuhnya.
[next]

Bila kamu remaja, tidak perlu berlebihan dalam melihat bentuk tubuh diri sendiri. Allah telah memberikan porsi yang pas pada diri kita. Andai pun bila terpaksa untuk diet, melangsingkan tubuh, agar lebih pede saat berjalan santai, salah satu cara yang paling efektif ialah berpuasa. Ya, puasa adalah hal yang tidak asing bagi diri kita karena merupakan kewajiban seorang Muslim pada bulan Ramadhan.

Kamu bisa melakukannya setiap hari senin dan kamis, seperti yang Rasulullah shalallahu alaihi wasallam sunnahkan. Bila sudah mulai terbiasa, bisa juga diganti dengan puasa daud yaitu sehari puasa dan sehari tidak. Tapi ingat ya, puasanya ketika waktu shubuh sampai maghrib tiba. Jangan berlebihan selama 24 jam tidak makan dan minum, karena itu justru memberikan dampak buruk bagi diri kamu sendiri.

Bila berada di sekolah, pada saat jam istirahat dan terpaksa makan dikantin, pilihlah makanan yang menyehat dan tidak mengandung 5P, yaitu pengawet, pemanis, penyedap, pengenyal, dan pewarna. Bila tidak kamu temukan makanan atau jajan yang tak ber-5P, maka kamu bisa membawa makanan sendiri dari rumah. Tentu masakan dari Ibu lebih enak dan bergizi ketimbang jajanan diluar.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya, termasuk sikap berlebihan ialah bila kamu makan setiap kamu menginginkannya.” (HR. Ibnu Majah).

Tuh, Nabi aja sudah mengatakan demikian, masak kamu sebagai generasi muda umat Islam gak mencontoh perilaku Nabi? Bila memang ingin melakukan diet, puasa itulah solusinya. Sebagai metode, cara, dan tips ampuh agar bobot tubuhmu jadi berkurang. Selain diniatkan untuk Allah, selingi dengan doa agar berat tubuhmu menjadi berkurang supaya lebih rajin lagi dalam beribadah kepada Allah, dan mengamalkan apa yang telah Rasulullah shalallahu alaihi wasallam ajarkan kepada ummatnya. Hijrah hati, hijrah pola hidupmu.

Oleh: Luqman Abdurrahman
Disqus

Our Partners

Selama lima tahun, kami sudah bekerjasama dengan berbagai instansi, komunitas, maupun lembaga. Kepercayaan mereka adalah prioritas bagi kami.

  • Professionally Book Publisher
  • Melayani dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada customer.
  • Proses pengerjaan naskah yang cepat tanpa menunggu lama.
  • Pengiriman tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.